Bisnis 100% Tanpa Modal
 

14 Februari 2012

Formula Sederhana Kesuksesan

Ketika saya bertanya dalam salah satu seminar yang saya adakan, “Ingin menjadi seperti apakah Anda 2 tahun mendatang?”

Sebagian besar peserta selalu mengatakan bahwa mereka ingin “lebih sukses”, lebih sukses dalam keuangan, lebih sukses dalam berbisnis, lebih sukses dalam keluarga, ingin lebih sukses dalam....

“Kesuksesan” sebuah kata sederhana yang menjadi impian banyak orang.

Formula Sederhana Tentang “Kesuksesan”


Lebih dari sepuluh tahun yang lalu, saya mempelajari arti kata “kesuksesan” dan bagaimana mencapainya. Terdapat sebuah hukum/ formula sederhana yang patut kita pahami dan ketika kita berfokus untuk memenuhi formula tersebut, kita akan mampu meraih kesuksesan di bidang apapun yang kita inginkan.

BE x DO = HAVE (Menjadi x Bertindak = Memiliki)

Apabila kita perhatikan formula persamaan matematika sederhana di atas, kita dapat melihat bahwa “HAVE/ Memiliki” kesuksesan di bidang keuangan, keluarga, karir, bisnis, dan lain-lain hanyalah sebuah hasil dari “BE/ Menjadi” dan “DO/ Bertindak” melakukan sesuatu di dalam kehidupan kita.

Secara sederhana dapat disimpulkan bahwa kita tidak akan pernah dapat “memiliki” apabila kita tidak berusaha untuk “menjadi” dan “bertindak” melakukan suatu di dalam kehidupan kita.

Banyak orang hanya berangan-angan dan berfokus untuk “memiliki” uang, karir yang sukses, bisnis yang sukses, rumah mewah, tanpa mereka menyadari bahwa harus “menjadi pribadi seperti apa mereka” dan harus “melakukan tindakan apa mereka agar dapat mencapai semuanya itu”.

Bila kita ingin “memiliki” banyak uang, harus menjadi pribadi seperti apakah kita dan harus melakukan tindakan seperti apakah kita agar dapat memiliki banyak uang tersebut?

Sebagai contoh, dalam salah satu buku terlarisnya “The Richest Man in Babylon” – George Clason menuliskan bahwa kita harus menyisihkanlah minimum 10% dari setiap penghasilan kita untuk menjadi tabungan masa pensiun kita. Ini berarti kita harus menjadi pribadi yang mampu mengatur setiap pengeluaran, menjadi pribadi yang mampu mengontrol hasrat belanja, menjadi pribadi yang mampu mengontrol ego yang sering membuat kita melambungkan gaya hidup kita agar terlihat seolah-olah kaya dan berani melakukan tindakan untuk memotong setiap pengeluaran yang tidak kita butuhkan.

Begitu pulalah apabila Anda ingin “memiliki” sebuah karir di bidang tertentu yang sukses. Harus menjadi pribadi seperti apakah diri Anda dan harus melakukan tindakan seperti apakah Anda agar karir Anda dapat menjadi lebih sukses?

Apabila selama ini arus kas/ cash flow bisnis Anda kacau, apakah sebabnya? Apakah Anda harus menjadi pribadi yang lebih teliti? Segeralah bertindak, lakukanlah pencatatan dalam pembukuan Anda. Lakukanlah pengukuran, analisa, dan kontrol untuk setiap langkah promosi dan hasilnya dalam bisnis Anda.

Apabila selama ini “turn over” – keluar masuk anggota tim Anda sangat tinggi dan lingkungan kerja perusahaan Anda penuh dengan konflik. Harus menjadi pribadi seperti apakah Anda agar dapat melakukan perubahan atasnya? Apakah Anda harus menjadi pribadi yang lebih dapat mendengarkan masukan dan usulan dari anggota tim Anda? Apakah Anda harus menjadi pribadi yang mampu memotivasi tim Anda, menghargai hasil kerja tim Anda? Apakah Anda harus menjadi pribadi yang dihargai bukannya ditakuti oleh anggota tim Anda? Lakukanlah perubahan atas gaya kepemimpinan Anda, pelajari ilmu-ilmu tentang kepemimpinan.

Lalu bagaimana apabila penjualan Anda menurun? Sama saja, berfokuslah pada “harus menjadi orang seperti apakah Anda agar penjualan Anda dapat naik” dan “bertindaklah”. Mungkin Anda harus mempelajari ilmu-ilmu tentang penjualan, tentang presentasi, tentang komunikasi, dan ilmu-ilmu lain yang mendukung Anda agar dapat menjadi pribadi yang layak untuk mendapatkan order/ pesanan dari pelanggan Anda.

Apa yang telah Anda miliki (have) saat ini adalah hasil dari setiap perubahan pribadi (be) dan setiap perubahan tindakan (do) yang kita lakukan atau tidak kita lakukan di masa yang lalu.

Begitu pula dengan apa yang akan Anda miliki (have) di masa depan adalah hasil dari setiap perubahan pribadi (be) dan setiap perubahan tindakan (do) yang kita lakukan atau tidak kita lakukan di masa sekarang ini.

The best way to predict the future is to create it” (Peter Drucker)

Selamat merancang masa depan kehidupan karir dan bisnis Anda!
by : Image Hosted by ImageShack.us

Related Article:

0 komentar:

Posting Komentar

Berikan komentar anda. Kritik dan saran anda saya tunggu. Terima kasih


 

My Yahoo

Kamus Online

Plagiarism

Protected by Copyscape Online Plagiarism Finder

Indonesian Blogger

Banner iskaruji dot com
Copyright 2010 Inspirasi Hidup. All rights reserved.
Themes by Bonard Alfin l Home Recording l Distorsi Blog